Lanjutkan Tren Positif, Pengeboran Sumur JAS-022 Pertamina EP Asset 3 Lampaui Target

SUBANG – Tak surut berupaya di tengah pandemi Covid-19, PT Pertamina EP (PEP) mencatatkan kinerja positif pada Selasa (23/2). Catatan ini diraih dari hasil produksi pengeboran sumur JAS-022 (JAS-I2), setelah dilakukan penajakan pada 31 Desember 2020 oleh PEP Asset 3, yang membawahi lapangan Subang, Tambun, dan Jatibarang.

Menurut Wisnu Hindadari, Asset 3 General Manager PT Pertamina EP, rasa syukur atas keberhasilan ini. Berkat kerja keras seluruh tim dan juga dukungan dari stakeholder, sumur JAS-022 berhasil ditajak dengan capaian produksi hingga melampaui target pengeboran mencapai yaitu minyak 267% dan gas 160%.

“Keberhasilan ini menyusul keberhasilan PEP Asset 3 sebelumnya pada sumur ABG-008 yang berada di Kabupten Indramayu dengan produksi sebesar 1.580 BOPD,” ujar Wisnu, Rabu (23/2)

Berdasarkan hasil uji produksi, sumur yang masuk ke dalam struktur Jatiasri (JAS) Subang Field ini mencatat produksi minyak sebesar 783 barrel oil per day (bopd) dan gas sebanyak 5,28 million standard cubic feet per day (mmscfd). Adapun target awal sumur JAS-022 adalah sebesar 293 bopd dan 3,29 mmscfd.

“Capaian yang jauh melampaui target ini tentunya merefleksikan kerja keras dan juga upaya kami untuk berupaya maksimal dalam mendukung ketahanan energi di Indonesia,” kata Wisnu.

Dia  juga memaparkan bahwa sumur JAS-022 merupakan kegiatan pengeboran sumur pengembangan di PEP Asset 3 berlokasi di Desa Mundusari, Kecamatan Pusakanegara, Kabupaten Subang. Kegiatan pengeboran JAS-022 merupakan bagian rencana kerja pengeboran PEP Asset 3 tahun 2021 yang berjumlah sebanyak 28 sumur pengembangan, 143 well intervention, dan 12 workover.

Struktur JAS merupakan backbone bagi PEP Asset 3. Setelah kegiatan pengeboran tim PEP Asset 3 berakhir, sumur ini akan diserahterimakan ke lapangan Subang. Adapun produksi dari PEP Asset 3 saat ini secara year to date (YTD) hingga Senin (22/02) adalah sebesar 12.733 bopd dan gas sejumlah 262,3 mmscfd.

Djudjuwanto,  Field Manager PEP Subang, juga mengatakan rasa syukurnya atas hasil produksi sumuran dari JAS-022. “Kami sangat bersyukur JAS-022 memberikan hasil yang baik. Dengan catatan tersebut, tentunya kami juga turut optimis untuk memperoleh kinerja yang positif di tahun 2021,” katanya.

PEP Asset 3 Subang Field merupakan anak usaha dari PT Pertamina (Persero) sekaligus sebagai Kontraktor Kontrak Kerjasama dari SKK Migas, memiliki wilayah kerja utama yang secara administrasi meliputi Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang. Adapun hasil dari produksi migas di lapangan tersebut sepenuhnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan migas di dalam negeri.

“Untuk produksi minyak kami dialirkan seluruhnya menuju Refinery Unit VI Balongan. Sementara untuk produksi gas dari wilayah PEP Asset 3 Subang Field disalurkan untuk memasok kelistrikan di Pulau Jawa, dan juga pemenuhan kebutuhan industri di wilayah Subang dan Karawang,” katanya. (ika)

Editor: ika