Ini Deretan Penghargaan yang Diraih Elnusa Sepanjang 2022

JAKARTA,PINews.com -  PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan jasa energi terkemuka yang memberikan solusi total dan tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina terus memberikan pelayanan jasa terbaiknya. Atas implementasi unggul dan optimal dari berbagai kegiatan yang dijalankannya, Elnusa dianugerahi sederet penghargaan dari berbagai pihak sepanjang tahun 2022 lalu.

Jayanty Oktavia Maulina, Manager of Corporate Communications Elnusa, menerangkan ada lebih dari 30 penghargaan dari berbagai kategori di beberapa ajang yang dapat dibawa pulang Elnusa pada tahun lalu. Capaian tersebut menurutnya berkat kerja keras serta sinergi dari seluruh Perwira Elnusa dalam melaksanakan pekerjaannya.

“Elnusa menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh Perwira yang selalu totalitas mendukung bisnis dan operasi perusahaan, sehingga kami senantiasa dapat memberikan pelayanan jasa terbaik dalam setiap pekerjaan yang dipercayakan kepada Elnusa. Tentunya kami akan terus meningkatkan kompetensi serta pelayanan sehingga dapat memberikan kontribusi lebih baik lagi pada tahun-tahun selanjutnya,” kata Jayanty. 

Dari deretan awards yang diraih Elnusa sepanjang 2022 yang cukup bergengsi adalah penghargaan Dharma Karya Muda dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atas keberhasilan Elnusa pada Bussines Unit Cementing Services pada inovasi cement Slurry merah putih untuk mendukung pengeboran di sumur shallow gas Blok Mahakam yang dikelola Subholding Upstream Pertamina Regional 3 Zona 8 PT Pertamina Hulu Mahakam.

Kemudian Elnusa juga memenangkan “1st Place Winner EOR Field Achievement” pada Vibrosesimic EOR dalam ajang Festival EOR 2022 yang diadakan oleh Balai Besar Pengujian Migas (Lemigas) Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM. Elnusa juga meraih penghargaan dari ajang Best Syariah 2022-Majalah Investor, di mana Elnusa selaku penerbit Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Elnusa Tahap I tahun 2020 terpilih mendapat penghargaan sebagai Sukuk Ijarah Terbaik 2022.

Pada bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Elnusa memperoleh perhargaan prestisius dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI untuk Penerapan K3 Perkantoran dan Protokol Kesehatan pada Kategori Kantor Kementerian/ BUMN/ Swasta Nasional. Lalu masih ada raihan Bintang empat – GOLD pada World Safety Organization (WSO) Indonesia Safety Culture Award (WISCA) 2022, serta mendapat apreasiasi dari PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) atas capaian 1,6 juta jam kerja tanpa Lost Time Incident (LTI) pada Project Elnusa Modular Rig (EMR), serta 1,5 juta jam kerja tanpa Lost Time Incident (LTI) pada Project CTU Operation.

Elnusa juga meraih penghargaan untuk penerapan Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) kategori Oil and Gas dengan predikat ‘Action’ Silver (TrenAsia ESG Excellence 2022). Lalu empat penghargaan dari Human Capital on Resilience Award 2022 yaitu: The Best Organization Structure, The Best Excellence in Workforce Flexibility and Mobility, The Most Resilience Company 2022, dan The Best Leadership Development Focus on HC yang diterima oleh Direktur SDM & Umum Elnusa Tenny Elfrida.

Selain itu, Elnusa juga mendapatkan Silver Prize for Excellent Effort in Creating Invention(s) pada “Improving the Company’s Competitive Advantage in 3d Seismic Operations in Shallow & Transition Areas with Portable Smart Nodal Deployment System Innovation in PT Pertamina EP Regional, 3D X-Ray Seismic Survey (Exhibited at the SIIF 2022, Seoul Korea, Malaysia Innovation Association). Terakhir, Elnusa juga meraih Best Role Model on Data Integration dari Human Capital HSH Award.

Kemudian dari ajang Upstream Improvement Innovation Award (UIIA) 2022 yang diselenggarakan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina, Elnusa meraup 11 awards, di antaranya 4 penghargaan kategori Platinum, 6 Gold, 1 Silver, serta mendapatkan beberapa nominasi spesial lainnya.

Sementara untuk penghargaan kepada individu di jajaran manajemen, Elnusa bisa berbangga atas kesuksesan John Hisar Simamora sebagai Direktur Utama Elnusa yang mendapatkan award Best CEO Oil & Gas Services Company dari Energy & Mining Editor Society (E2S) Award 2022. Pada ajang yang sama, Jayanty Oktavia Mauliana menyabet Best Public Relation Manager Oil & Gas Services Company. Sementara dari Appreciation Day 2nd Anniversary yang diadakan oleh The Iconomics Media, Elnusa meraih anugerah Best Corporate Secretary dan Top Good Corporate Governance (GCG). Ada lagi Best First-Time Manager Programme Kategori Bronze dari Employee Experience Awards 2022 di seluruh Asia Tenggara.

Beberapa penghargaan lainnya antara lain penghargaan The Most Innovative Energy and Mining Company for The Development of Integrated and Sophisticated Digital Systems dalam kategori Energy and Mining Industry dari Warta Ekonomi “Indonesia Digital Innovation Awards 2022”,  The Best Annual Report for Public Company Kategori Platinum (Economic Review), The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2022 untuk Kategori Energy Services yang meraih Empat diamond (GRC & Performance Excellence Award 2022).

Deretan apresiasi dan penghargaan tersebut menurut Jayanty menjadi bukti kompetensi dan kapabilitas mumpuni Elnusa dalam memberikan solusi total pada bisnis jasa energi. Ia pun berharap berbagai layanan terbaik Elnusa yang telah mendapatkan apresiasi tersebut dapat berperan penting dalam langkah bersama semua stakeholder di Indonesia untuk meningkatkan produksi migas serta menjaga ketahanan energi nasional.

“Elnusa tentunya tidak akan cepat berpuas diri atas berbagai apresiasi tersebut. Penghargaan ini akan menjadi cambuk serta dorongan lebih bagi kami untuk terus mengasah kompetensi serta menghasilkan inovasi berkelanjutan, sehingga solusi jasa yang kami tawarkan kian prima dan banyak dicari di masa mendatang,” tutur Jayanty.

Editor: Alam