Pertagas OCSA dan OSSA Selenggkaran Rangkaian Kegiatan Peningkatan Kualitas HSSE

PALEMBANG,PINews.com - Dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional 2023, PT Pertamina Gas (Pertagas) selaku afiliasi Subholding Gas Pertamina melalui unit usahanya di Operation West Region (OWR) melaksanakan serangkaian kegiatan terkait aspek Kesehatan Keselamatan Kerja (K3). Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan oleh semua area operasi di Pertagas OWR di antaranya Operation Central Sumatera Area (OCSA) dan Operation South Sumatera Area (OSSA).

Rangkaian kegiatan peringatan BK3N di Pertagas OCSA dan OSSA dibuka pada tanggal 24 Januari 2023 dan akan ditutup pada 24 Februari 2023 nanti. Kegiatan tersebut diantaranya QHSSE Sharing, Fire Fighting & Rescue, Safety Driving, NAPFA Competition, Upskilling First Aid, donor darah, lomba gagasan HSSE campaign, inovasi sosial dan lingkungan hingga kegiatan fisik serta olahraga. Pekerja dan mitra kerja Pertagas OCSA & OSSA antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Dalam kegiatan sharing knowledge HSSE, Pertagas OCSA menghadirkan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Selatan yang menyampaikan paparan terkait implementasi Sistem Management K3 di perusahaan.

Peringatan bulan K3 merupakan langkah nyata untuk terus meningkatkan penerapan budaya dan kesadaran aspek health safety security & environment (HSSE) atau K3 kepada semua pekerja dan mitra kerja Pertagas OCSA & OSSA. Melalui kegiatan ini Pertagas OCSA & OSSA mengingatkan kembali pentingnya penerapan Corporate Life Saving Rules yang menjadi landasan Pertamina dalam menerapkan aspek HSSE secara berkelanjutan.

Indra P. Sembiring, General Manager Pertagas OWR, mengungkapkan komitmen dalam penerapan HSSE beyond culture juga menjadi fokus bagi manajemen.

"Pelaksanaan HSSE sebagai beyond culture harus dimulai dengan hal-hal kecil dan yang paling dasar adalah penerapan dalam diri sendiri, tidak hanya pada saat bekerja namun juga pada kehidupan sehari-hari baik itu di masyarakat, keluarga maupun lingkungan. Dengan begitu HSSE beyond culture dapat kita capai." ungkap Indra (22/2).

Industri minyak dan gas bumi dikenal sebagai industri yang high risk, high cost dan high technology. Oleh karenanya, aspek QHSSE menjadi penting, tak hanya untuk menjaga kelangsungan bisnis namun juga untuk memastikan setiap pekerja dapat bekerja dengan aman dan nyaman. Demikian pula yang dilaksanakan oleh Pertagas OCSA & OSSA yang selalu berupaya memastikan setiap kegiatan operasinya mengedepankan keamanan dan keselamatan lingkungan di sekitar.

Sebagai bukti komitmen dalam penerapan aspek K3 atau HSSE, Pertagas OCSA telah mencapai 8.096.443 jam kerja selamat yang terhitung dari Agustus 2009 hingga Desember 2022. Sedangkan Pertagas OSSA telah mencapai 10.210.594 jam kerja selamat yang terhitung dari Februari 2007 hingga Desember 2022. Atas pencapaian itu Pertagas memperoleh penghargaan Patra Nirbhaya Karya Utama dari Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral RI.

Selain capaian dari segi K3, Pertagas OSSA juga memperoleh beberapa penghargaan dalam aspek pengelolaan lingkungan yaitu PROPER Hijau yang diraih dari tahun 2016 hingga 2022. Tak kalah juga, Pertagas OCSA berhasil meraih Pertamina Environment Regulation Compliance Assurance (PERCA) peringkat hijau pada tahun 2022.

Editor: Alam