Taman Olah Jelantah Pertagas Sukses Raih Penghargaan IDEAS Award 2023
Credit by: Dok/Pertagas

BELITUNG,PINews.com – Menghadirkan program inovasi sosial dengan memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat, PT Pertamina Gas (Pertagas) yang merupakan afiliasi dari Sub Holding Gas Pertamina berhasil meraih penghargaan dalam The 2nd Indonesia Diversity, Equity, Inclusion and Environment, Social, Governance Awards (IDEAS) 2023 yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia di Urbanview Hotel Belitung pada akhir pekan lalu.

Bersaing dalam kategori ESG dengan sub kategori Hubungan dengan Masyarakat atau Komunitas, Pertagas meraih penghargaan kategori Silver yang diberikan langsung oleh Emilia Bassar selaku salah satu juri IDEAS sekaligus Founder and CEO CPROCOM dengan program Corporate Social Responsibily (CSR) Taman Olah Jelantah yang merupakan inovasi sosial dari unit usaha Pertagas yakni Operation East Java Area (OEJA).

Melalui kelompok Tri Tunggal Mandiri yang merupakan mitra binaan Pertagas di Desa Tanggulangin Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Sidoarjo. Program Taman Olah Jelantah mampu menekan pencemaran lingkungan yang berasal dari limbah rumah tangga dan berhasil mengelola 6.034 liter jelantah selama 2021-2022, kemudian lahirnya sistem jaring pengaman sosial yang memberikan manfaat langsung kepada 417 orang warga desa dan manfaat tidak langsung kepada 12.603 orang. Serta hadirnya aplikasi Manjalita yang merupakan aplikasi pencatatan dan pembukuan yang memberikan kenyamanan dan transparansi dalam pengelolaan laporan keuangan pengelolaan limbah jelantah.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan, ini menjadi tolak ukur dan evaluasi untuk mengimplementasikan program CSR yang dapat dirasakan manfaat sosial serta berdampak kepada citra dan bisnis Pertagas yang sejalan dengan Environmental, Social, Governance (ESG),” Muhammad Baron, Corporate Secretary Pertagas (7/8).

Pertagas kata dia berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan masyarakat dan stakeholders guna mengembangkan potensi masing-masing daerah sehingga dapat mendukung program pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat yang berkelanjutan. "Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya di sekitar wilayah operasi Perusahaan," kata Baron.

Editor: