Pertamina Gas Tanam Pohon Endemik di Taman Nasional Kutai

KUTAI TIMUR, PINews.com - PT Pertamina Gas (Pertagas) yang merupakan Subholding Gas Pertamina   bersama Balai Taman Nasional Kutai (TNK) dan masyarakat Desa Martadinata melakukan penanaman pohon endemik di Taman Nasional Kutai pada Sabtu (23/9).

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) ini bagian dari  unit usaha Pertagas  Operation Kalimantan Area (OKA) untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai penyangga kehidupan dengan melakukan penanaman 500 pohon endemik di TNK dan 100 pohon budidaya di lingkungan kantor Pertagas.

Dihadiri oleh perwakilan Balai TNK, Kepala Desa Martadanita, Pokdarwis Kampung Bersama, dan Kelompok Tani yang ada di Desa Martadinata, serta Ast Manager Operation Pertagas Linna Iriyanti.

Budi Isnaini, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Sangatta Taman Nasional Kutai, mengapresiasi kepedulian untuk pelestarian hutan oleh para stakeholder.

“Kami memberikan apresiasi atas keterlibatan Pertagas OKA, Pemerintah dan Masyarakat Desa Martadinata bersama Balai TNK dalam menjaga Taman Nasional Kutai, kepedulian berbagai pemangku kepentingan modal penting dalam menjaga hutan yang ada di Kalimantan,” kata Budi akhir pekan lalu

Penanaman pohon endemik ini nantinya menjadi penyangga kehidupan dimasyarakat sehingga kebermanfaatannya juga dirasakan bagi fauna yang ada didalamnya, tutur Budi.

Sementara itu, Imam Rismanto, Manajer Communication Relations & CSR Pertagas, menyatakan komitmen Pertagas dalam menjaga lingkungan sejalan dengan pengelolaan bisnis Perusahaan dengan mengedepankan Environment, Social, Government (ESG).

“Harapannya penanaman pohon endemik menumbuhkan kesadaran kita akan pentingnya hutan dan untuk keberlangsungan generasi yang akan datang,” ujar Imam.

Pertagas kata dia akan ikut melindungi serta mengembalikan fungsi hutan sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goal’s (SDG’s). “Dengan menopang pilar ke-5 yakni keberlanjutan ekosistem darat,” ungkap Imam.

Editor: Alam