Serangan Israel Makin Gencar, 197 Warga Gaza Tewas
Credit by: Seorang wanita membawa anak yang terluka ke rumah sakit al-Najar di Rafah, Jalur Gaza selatan (9/7). (AFP)

Jakarta, PINews.com – Kekerasan yang terjadi di jalur Gaza, Palestina, belum juga usai dan makin menambah korban jiwa yang sebagian besar merupakan warga sipil Palestina. Jumlah korban yang meninggal dunia akibat serangan Israel selama sepekan meningkat menjadi 197 orang pada Selasa (15/7).

seperti dilansir dari kantor berita Antara, tiga warga Palestina tewas dalam serangan terbaru sementara Israel juga melaporkan korban tewas pertama dalam perang itu, seorang pria yang tewas akibat serangan roket dari Gaza dekat penyeberangan perbatasan Erez.

Juru bicara layanan darurat Gaza, Ashraf al-Qudra, mengatakan dua warga Palestina tewas dalam satu mobil di Rafah selatan dan orang ketiga tewas di pusat kota Johr al-Deek.

kantor berita AFP menulikan data terbaru bahwa tiga kematian baru itu membawa jumlah korban dalam delapan hari kekerasan di Gaza menjadi 197 orang. Sebelumnya, seorang pria 24 tahun tewas di Zeitun, sebelah timur Kota Gaza, dan lelaki 77 tahun tewas di kota selatan Khan Yunis.

sebelumnya Mesir berniat memprakarsai gencatan senjata bagi bagi kedua pihak yakni Hamas dan militer Israel, namun gencatan senjata yang seharusnya mulai berlaku pada pukul 06.00 GMT (13.00 WIB),ternyata tidak terealisasi karena Hamas menganggap pihaknya tidak diajak berkonsultasi.

Sebelum batas waktu 06.00 GMT, tiga orang tewas dalam dua serangan udara terpisah di Khan Yunis, dan dua pria lain di kota ini menghembuskan nyawa karena menyerah pada luka berkelanjutan dalam penggerebekan sebelumnya, kata Qudra. Sementara itu di selatan, seorang wanita tewas dalam serangan sebelumnya di Rafah.

Senin malam, jumlah korban tewas meningkat sehingga melampaui korban dalam konflik besar sebelumnya antara Israel dan kelompok Hamas, konfrontasi delapan hari pada November 2012 yang merenggut nyawa 177 warga Palestina dan enam warga Israel.

Pusat Palestina untuk Hak Asasi Manusia (Palestinian Centre for Human Rights) yang berpusat di Gaza mengatakan Minggu (13/7), ketika jumlah korban tewas Gaza mencapai lebih dari 150, bahwa tiga perempat dari korban tewas adalah warga sipil.

Dan pada Senin, seorang pejabat senior PBB mengatakan lebih dari seperempat korban tewas adalah anak-anak. Sebelumnya dalam satu hari telah jatuh korban sebanyak 56 warga Gaza yang tewas, yakni pada hari Sabtu.

 

Sumber : Antara

Editor: Rio Indrawan