Ini Tips Memilih Tas Carrier Bagi Pendaki Gunung Wanita
Credit by: Ilustrasi Pendaki Wanita (Ist)

Jakarta, PINews.com - Kegiatan Hiking atau mendaki gunung sekarang ini tidak hanya digemari oleh kaum adam atau para lelaki, akan tetapi kaum hawa juga tidak segan melakukan olahraga yang terbilang ekstrim ini. Selain berolahraga, sensai yang ditawarkan saat mendaki gunung ternyata mampu menghipnotis para wanita untuk menjejakan kakinya di puncak gunung.

Tentu dengan dibutuhkan persiapan ekstra bagi para wanita jika ingin melakukan pendakian, salah satunya adalah pemilihan tas. Tas Carrier atau tas punggung adalah salah satu alat yang penting bagi para penggiat alam bebas maupun bagi para traveller. Dan kegunaan tas tersebut bagi wanita sangatlah menunjang dalam berkegiatan tersebut. Karena biasanya para wanita membawa berbagai macam barang seperti kosmetik, dompet dan banyak barang lain.

Namun saat memilih tas carrier bagi wanita yang digunakan untuk berpergian, khususnya untuk berlibur ala backpacker sebaiknya ikuti beberapa tips memilih tas carrier wanita berikut tips dan saran yang dilansir dari Belantara Indonesia agar Anda dapat menemukan tas carrier yang tepat dan nyaman.

Pastikan Memiliki Fitur Waterproof
Anda tidak akan pernah tahu kondisi cuaca yang sewaktu - waktu berubah menjadi hujan. Untuk lebih amannya, pilihlah tas dengan bahan waterproof ( anti air ). Jadi Anda tidak perlu takut baju atau barang didalam tas ransel basah terkena air hujan. Selain anti air, pastikan bahan pembuatnya juga cepat kering sehingga tas tidak akan bau apak. 

Memiliki Internal Frame
Di keril / carrier bag, biasanya terdapat besi yang dapat menahan postur tubuh, dan sangat bagus sebagai penopang badan kita saat membawa barang berat.

Memiliki Sabuk Pinggul Yang Rendah
Memiliki sabuk pinggul yang rendah, sehingga pinggul dapat membantu punggung menopang berat ransel, sementara strap di dada lebih tinggi sehingga tidak menindih payudara dan strap bahu terletak berdekatan, berhubung ukuran bahu wanita tidak selebar pria.

Mempunyai Retsleting Yang Tersembunyi
Carilah tas ransel yang memiliki resleting tersembunyi di dalamnya atau kantung - kantung yang dekat dengan bagian tubuh Anda. Hal ini untuk mencegah hilangnya barang atau dokumen penting selama perjalanan dari tangan copet. Untuk resleting yang diluar usahakan mencari yang dapat dikunci sehingga menambah keamanan barang bawaan Anda atau orang - orang yang ingin memasukkan sesuatu ke dalam tas ransel Anda. 

Pertimbangkan Isi Tas
Pilih ukuran dan gaya tas ransel sesuai dengan barang yang akan Anda bawa. Pilih model ransel besar atau yang dapat diperbesar jika Anda akan memasukkan sepatu atau peralatan berkemah. Atau  pilihlah tas ransel yang berbentuk ramping dengan banyak kantong internal yang berlapis jika akan membawa buku panduan, laptop atau peralatan untuk kamera.

Cobalah Terlebih Dahulu
Cobalah beberapa model tas punggung yang sesuai kebutuhan dan bentuk tubuh Anda. Pastikan tas dan tali dapat diatur sesuai dengan berat dan tinggi tubuh, selain itu utamakan kenyamanan. Carilah tali ransel dengan bahan non-slip sehingga dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Cobalah tas carrier dengan memasukkan beban dan berjalanlah keliling toko. Tas ransel yang bagus akan membagi beban tersebar di seputar pinggul dan bahu tidak merasakan bebean tersebut sehingga beban terasa relatif ringan.

Pada dasarnya, perempuan mempunyai punggung yang lebih pendek dibanding laki - laki. Pinggul perempuan juga mempunyai bentuk yang berbeda dengan laki - laki. Tak hanya itu, di bagian dada pun mempunyai bentuk yang berbeda sehingga membutuhkan rancangan dan konstruksi yang berbeda.

Ransel khusus untuk perempuan pada punggung bagian bawah biasanya mempunyai kecenderungan untuk menjauh di bagian pinggul untuk menghindari kontak, sehingga konstruksi tali pinggul harus betul - betul nyaman. Sedang pada bantalan bahu titik awalnya lebih dekat dibanding ransel laki - laki dan bentuknya juga lebih melengkung disesuaikan dengan bentuk umum dada seorang perempuan

Editor: Rio