Indonesia Duduk di Peringkat 17 di Sea Games 2014
Credit by: Ketua KOI Rita Subowo menerima Bendera Komite Olimpiade Asia (OCA) dari Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Farhad pada penutupan Asian Games ke-17 di Incheon Asiad Main Stadium, Incheon, Sabtu (4/10). Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. (Antara)

Incheon, PINews.com - Asian Games 2014 di Incheon Korea Selatan telah resmi ditutup, dan Indonesia tidak berubah tetap di posisi ke-17 dalam daftar perolehan medali. Indonesia tetap dengan empat emas, lima perak dan 11 perunggu.

"Ini sudah maksimal, target sembilan emas memang tidak tercapai, tapi ini paling tidak menyamai dengan hasil raihan medali pada Asian Games lalu 2010 di Guangzhou, Tiongkok yang juga meraih empat emas," kata ketua kontingen Asian Games Ade Lukman.

Indonesia di Asian Games 2014, mendapat empat medali emas masing-masing, dua dari cabang bulutangkis di nomor ganda putra dan ganda putri, atletik nomor lompat jauh putri, dan dari wushu menyusul kasus doping atlet Malaysia.

Sementara itu lima perak direbut dari cabang bulutangkis nomor ganda campuran, karate kata perorangan putra, soft tenis tunggal putra, wushu dan dua dari angkat besi.

Sedangkan perunggu, dua dari cabang bulutangkis, dua dari rowing, dua sepak takraw, satu dari boling, berkuda, soft tenis, angkat besi, dan wushu.

Kini Indonesia harus fokus menghadapi Asian Games berikutnya yang akan digelar di Jakarta. Sebagai tuan rumah nantinya tentu Indonesia harus unjuk gigi, tidak hanya dari sisi fasilitas dan kesiapan sebagai tuan rumah, melainkan prestasi setinggi-tingginya juga harus menjadi prioritas utama.

Editor: Rio