Wow, Jaringan Internet Tercepat di Dunia Dalam Tahapan Uji Coba

Jakarta, PINews - Koneksi tercepat internet berhasil dicapai dalam sebuah uji coba di London oleh dua perusahaan telekomonunikasi Alcaltel-Lucent dan BT.

Dengan kecepatan 1,4 terabits per detik maka sebanyak 44 film berkualitas tinggi HD yang tidak dipadatkan bisa terkirim dalam waktu satu detik saja. Pengiriman dilakukan untuk jarak 410km antara dua menara telekomunikasi BT di London dan Ipswich, Inggris timur.

Uji coba ini meningkatkan harapan atas semakin cepatnya pengiriman data melalui jaringan yang sudah tersedia saat ini dan bukan di laboratorium, walau masih diperlukan waktu bertahun-tahun sebelum pelanggan bisa menikmatinya.

Namun tetap saja terobosan ini amat penting karena besarnya jumlah data yang dikirim tanpa harus meningkatkan prasarana yang membutuhkan biaya mahal. "BT dan Alcatel-Lucent membuat sesuatu yang lebih dari yang mereka miliki sekarang," jelas Oliver Johnson, dari perusahaan pengamat internet, Point Topic.

"Hal itu memungkinkan mereka untuk meningkatkan kapasitas tanpa harus menghabiskan dana dalam jumlah besar."Menurut Alcatel-Lucent, permintaan atas internet yang semakin cepat meningkat sekitar 35% setiap tahunnya.

Saat ini sebenarnya tersedia berbagai teknologi untuk sambungan internet cepat, antara lain dengan menggunakan laser, akan tetapi uji coba Alcatel-Lucent lah yang menggunakan kondisi nyata.

Sumber : BBC

Editor: Rio Indrawan