Wow, Situs Gunung Padang Berumur 11.000 Tahun ?
Credit by: Situs Gunung Padang (Istimewa)

Cianjur, PINews.com - Keberadaan situs Gunung Padang memang tetap mengundang kontroversi terkait kapan situs ini pertama kali didirikan. Kabar terbaru menyebutkan bahwa situs Gunung Padang diperkirakan sudah ada sejak 11.000 tahun yang lalu.

Adanya perkiraan itu itu menjadikan situs ini sama saja elah berdiri sejak zaman es. Penemuan ini tentu saja tidak serta merta diterima oleh kalangan ilmuan atau arkeolog.

Para arkeolog masih terus mencari kebenaran dari perkiraan itu. Jika mamang benar, diperkirakan bagian bangunan paling bawah lah yang sudah berumur 11.000 tahun.

Sebelumnya diketahui bahwa situs Gunung Padang memiliki 5 lapisan bangunan yang berbeda peradabannya disetiap lapisan. Saat ini para arkeolog baru meyakini bahwa situs ini sudah berumur lebih dari 5.200 tahun

 "Yang sudah dikonfirmasi secara arkeologis adalah yang berumur 5.200 tahun," kata Ali Akbar, arkeolog anggota tim riset dari Universitas Indonesia.

Sampai saat ini penelitian masih terus dilakukan guna menyingkap misteri dibalik situs yang disebut-sebut sebagai salah satu situs atau bangunan tertua di panet Bumi ini.

Sumber : Kompas

Editor: Rio Indrawan