Dua Lapangan PT Pertamina EP Sukses Raih PROPER Emas Tahun 2015
Credit by: President Director PT Pertamina EP Rony Gunawan saat menerima penghargaan Proper Emas 2015 (PIN)

Jakarta, PINews.com - Apresiasi akan komitmen untuk terus tumbuh bersama lingkungan kembali didapatkan PT Pertamina EP. Kali ini apresiasi tertinggi dari pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu PROPER Emas berhasil diraih PT Pertamina EP.

Tidak tanggung-tanggung, anak usaha Pertamina di bidang hulu itu langsung menyabet dua PROPER Emas dari dua lapangannya yakni Rantau dan Subang Field.

Berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) dicanangkan perusahaan bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna serta untuk menciptakan kemandirian masyarakat di sekitar area operasi.

Inovasi dalam program pemberdayaan masyarakat memang menjadi program unggulan dari CSR PT Pertamian EP, karena telah terbukti mampu mengkatrol taraf kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasi.

“Kemandirian masyarakat menjadi nilai tertinggi, hal ini sudah dibuktikan oleh kerjasama teman-teman Rantau dan subang dalam pengelolaan masyarakat. Program kemitraan yang ada di pertamina ep menjadi sarana untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman bahwa industrial Migas tidak selamanya ada karena Migas dapat habis, maka dari itu kita harus melakukan progam kemandirian agar masyarakat tidak ketergantungan dengan Pertamina EP" papar Rony Gunawan, President Director PT Pertamina EP saat ditemui seusai penyerahan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wapres Jusuf Kalla dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc..

Beberapa program yang diinisiasi PT Pertamina EP diantaranya pembinaan budidaya ikan lele yang dilakukan oleh Rantau Field di wilayah Aceh Tamiang. Program ini berhasil mengangkat perekonomian warga sekitar wilayah operasi Rantau Field. Itu merupakan salahsatu program pembinaan masyarakat, masih ada lagi berbagai program yang dilakukan di seluruh Field PT Pertamina EP seperti misalnya, pembinaan anyaman tepas, budidaya rumput laut, budidaya tanaman hidroponik dan invovasi yang fenomenal yakni penemuan pohon listrik. Berbagai program pembinaan lainnya yang sudah dirasakan manfaatnya secara nyata yakni ikut mengkatrol perekonomian masyarakat sekitar wilayah perusahaan.

Tak hanya Rantau Field, Subang field pun mendapatkan kesempatan yang sama dengan beberapa program andalan dan ketekunan dalam meningkatkan kemandirian masyarakatnya.

Selain dari bidang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat seperti PKBM Assolahiyah yang terbukti mampu meningkatkan pendidikan dan perekonomian warga, CSR PT Pertamina EP juga menyentuh bidang konservasi dan kelestarian keanekaragaman hayati. Konservasi hewan hampir punah menjadi fokus di bidang pelestarian Fauna seperti konservasi tuntung laut, konservasi Bekantan, konservasi Burung Maleo konservasi Owa Jawa, konservasi Kodok Merah dan berbagai konservasi lainnya di berbagai Field yang tersebar diseluruh wilayah nusantara.

Selain memperoleh dua PROPER Emas, PT Pertamina EP juga meraih 15 PROPER Hijau dan enam PROPER Biru. Berikut daftar lenngkap perolehan PROPER 2015 PT Pertamina EP

 

PROPER Emas :

  1. Rantau Field
  2. Subang Field

PROPER Hijau :

  1. Pangkalan Susu Field
  2. Jambi Field
  3. Ramba Field
  4. Prabumulih Field
  5. Pendopo Field
  6. Jatibarang Field
  7. Tambun Field
  8. Sangatta Field
  9. Papua Field
  10. Sangasanga Field
  11. Tarakan Field
  12. Bunyu Field
  13. TAC Gelam
  14. TAC PLN
  15. TAC Semberah.

PROPER Biru :

  1. Lirik Field
  2. Limau Field
  3. Adera Field
  4. Tanjung Field
  5. TAC Salawati
  6. TAC Gold Water

 

 

Editor: RI