Pertagas Segera Realisasikan Pembangunan Jaringan Pipa Gas Sepanjang 343 KM
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Anak Usaha Pertamina, Pertagas tengah segera merealisasikan pembangunan jaringan pipa gas dengan total panjang 343 KM yang terbagi dalam tiga proyek dan tengah sama-sama dikerjakan pada tahun ini. ditargetkan ketiganya akan rampung pada tahun 2017 mendatang.

“Tahun ini kami anggarkan investasi sebesar US$325 juta dimana US$3005 juta dialokasikan untuk pembangunan jaringan pipa,”terang Corporate Secretary PT Pertamina Gas Adiatma Sardjito.

Proyek pertama adalah pipa Muara Tawar ke Muara Karang sepanjang 29 km. Saat ini kemajuannya sudah lebih dari 90% dimana dari jumlah tersebut tinggal 7 km lahan yang belum dibebaskan.

Proyek kedua adalah jaringan pipa Gresik ke Semarang sepajangan 257 km. Saat ini kemajuan proyeknya sudah mencapai 90% untuk tahapan EPC (engineering procurement and construction). “Ditargetkan tahun depan proyek ini akan selesai,”papar Adiatma.

Pipa transmisi ini bakal melewati 2 provinsi yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah serta 7 Kota/Kabupaten yaitu Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Blora, Grobogan, Demak, dan Semarang.

Selanjutnya proyek ketiga adalah royek pembangunan pipa transmisi gas ruas Porong-Grati sudah memasuki tahap akhir. Ruas pipa yang dibangun sepanjang 57 km dan sekarang kemajuannya sudah lebih dari 90%.  “Dengan kemajuan yang demikian ditargetkan akan selesai tahun ini,”tandas Adiatma.

Ia pun menjelaskan salah satu tantangan dalam pembangunan jaringan pipa ini adalah pembebasan lahan. “Seperti dibanyak proyek infrastruktur lainnya, masalah pembebasan lahan masih menjadi hambatan. Karena kami harus melakukan pendekatan ke masing-masing pemilik tanah,”tandasnya.

Editor: RI