Pertagas Niaga Siap Operasikan Tiga Jargas di Tiga Daerah
Credit by: ilustrasi

Palembang, PINews- PT Pertagas Niaga menargetkan dalam waktu dekat siap mengoperasikan tiga jaringan gas (jargas) yang ada di tiga daerah.Manager Stakeholders Relation PT Pertagas Niaga, Ratna Dumila mengatakan, tiga jargas yang ada di 3 daerah , yakni Cilegon dengan 4.066 SR, Ogan Ilir dengan 3.725 SR serta Subang dengan 11.791 SR.

 “Jaringan gas bumi di Indonesia terus dikembangkan. Hingga 2016 sudah ada sebanyak 79.887 jumlah sambungan rumah (SR) yang sudah terpasang jaringan gas yang proyeknya dikerjakan PT Pertagas Niaga. Dan tahun ini akan ada sebanyak 11.791 jumlah sambungan rumah yang dalam proses akan segera mengalir jaringan gas,”ungkapnya, Rabu (1/3).

Menurutnya secara keseluruhan ketiganya masih dalam proses. Belum semuanya gas in (sudah mengalirkan gas), di Ogan Ilir saja dari 3.725 SR yang ditargetkan baru ada dua sektor yang siap untuk gas in. Yakni di Kelurahan Indralaya Indah dan Kelurahan Tanjung Seteko.

Untuk sektor lain, kata dia masih dalam proses dan dilakukan bertahap, pemasangan jargas di Ogan Ilir diyakini dapat selesai pada enam bulan kedepan atau paling lambat Agustus 2017 ini.

Belum selesainya pengerjaan di Ogan Ilir bukan karena progresnya yang terkendala. Ratna menyebutkan, tidak ditemukan adanya laporan kendala dalam perizinan dan restu kepala daerah setempat.

Hanya saja, kata dia, pengerjaan jargas di Ogan Ilir cukup berbeda kecepatannya dibanding Prabumulih karena memang personil yang melakukan konversi tidak sama.

"Pengerjaan di Prabumulih ada kerjasama dengan BUMD yakni PT Petro Prabu dimana personil konversi ada sekitar 40 orang. Di Ogan Ilir, kita menggandeng PT Petro Ogan Ilir, untuk personilnya hanya 8 orang. Satu hari hanya menyelesaikan sekitar 20 RS," jelasnya.

Ia mengatakan, dalam waktu satu minggu kedepan, akan ada upaya sosialisasi kepada masyarakat Ogan Ilir terkait rencana operasional dan keberadaan jargas di daerah tersebut. Diketahui untuk sumber energi gas berasal dari PT Pertamina EP dengan besaran kapasitas mencapai 0,2 MMSCFD dimana transporter atau pipa dari Pertamina Gas 

Untuk Cilegon, lanjut Ratna, diyakini akan mulai gas in sekitar April nanti karena saat ini masih dalam progres pemasangan jargas. Sedangkan untuk Subang diyakini akan mulai gas in pada Maret ini karena saat ini masug dalam progres untuk memulai gas in.

Tak hanya tiga jargas yang menjadi fokus mengalirkan gas di tahun ini. Saat ini ada rencana pembangunan jargas di sejumlah daerah dengan sasaran hingga 39.200 SR. Rinciannya, kata dia, Mojokerto 9.200 SR, Bontang 10.000 SR, Samarinda 5.000 SR, Pekanbaru 5.000 SR, Pali 10.000 SR, dan Muara Enim 5.000 SR.

"Kapan pelaksanaan pembangunannya, ini masih menunggu. Karena saat ini proses lelang sedang dilakukan," beber dia.

Sementara itu, Kepala Divisi Komunikasi Corporate Pertamuba, Wianda Puspa Negoro mengatakan, suksesnya pembangunan jargas yang ada di daerah-daerah yang sudah ditargetkan itu berkat kerjasama dan dukungan dari pemerintah daerah masing-masing. Contohnya di Prabumulih yang sudah beroperasional 32.000 SR itu pun tidak terlepas dari peranan Walikota setempat.

"Artinya, besar harapan kita agar pemda dapat membantu dan mendukung adanya rencana pembangunan dan pemasangan jargas di masing-masing daerah," tandasnya. 

 

 

Editor: irwan wahyudi