Ini 10 'Surga' Wisata di Indonesia Yang Masih Perawan
Credit by: 10 Destinasi wisata yang belum banyak diketahui wisatawan (Ist)

Jakarta, PINews.com - Alam Indonesia begitu kaya dengan segala keindahannya. Sudah merupakan hal yang biasa jika banyak wisatawan bahkan dari luar negeri yang menyebutkan bahwa di Indonesia masih banyak terdapat 'surga' yang belum diketahui banyak oleh manusia.

Anggapan tersebut sepertinya bukanlah isapan jempol belaka. Hingga saat ini masih banyak tempat-tempat indah di tanah air yang masih asli kecantikannya, belum banyak didatangi oleh wisatawan. Berikut kami tampilkan 10 destinasi wisata dihimpun dari berbagai sumber, yang dijuluki 'Surga yang masih perawan'.

1. Baluran, Jawa Timur

Namanya Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. Banyak orang bilang ini adalah Little Africa in Java. Pemandangannya sebagian besar terdiri dari savanah luas yang memang mirip Afrika.

2. Goa Gong

Stalaktit dan stalagmit indah ini ada di Goa Gong. Letaknya di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, 37 kilometer dari Kota Pacitan.

3. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Danau cantik tersembunyi di sela-sela Taman Nasional Gunung Kerinci. Kamu yang gak berniat naik gunung tertinggi di Indonesia itu bisa mengunjungi dan menikmati cantiknya danau ini.

4. Pegunungan Karst di Surga Kupu-kupu

Pegunungan Karst di Bantimurung ini menyajikan keindahan alam plus faunanya. Terutama kupu-kupu. Alfred Wallace menyebut wilayah ini sebagai surganya kupu-kupu.

5. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak ini masih alami. Isinya hutan, aneka satwa liar dan sedikit penduduk. Letaknya di kawasan pulau-pulau kecil di lepas pantai Sumatera Barat

6. Pulau Pagang

Masih di Sumatera Barat, ada pulau Pagang yang airnya biru jernih serta pasir putih. Pulau ini termasuk salah satu dari sejumlah pulau kecil di lepas pantai Sumatera Barat. Suasanya masih asli karena belum banyak resort di sana.

7. Wedi Ombo

Pantai yang tenang, cangkang-cangkang karang, sepi wisatawan dan airnya jernih. Wedi Ombo yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta ini tidak punya hamparan pasir luas seperti arti namanya. Tapi keindahannya cukup untuk membuat kamu merasa lari dari kenyataan.

8. Tanjung Aan

Setelah menyaksikan Festival Bau Nyale di Kuta, Lombok, telusuri arah timur. Ada Tanjung Aan yang indah ini di sebelah timurnya. Pasir putih menghampar luas, dan masih, laut yang biru jernih.

9. Pulau Satonda

Pulau Satonda terletak di Dompu, Nusa Tenggara Timur. Di tengah pulau ini ada danau Satonda. Uniknya, danau tersebut memiliki air yang asin layaknya air laut.

10. Pulau Kanawa

Ini bukan nama pulau di Jepang. Pulau Kanawa justru terletak di Indonesia, tepatnya 15 kilometer dari Labuan Bajo. Airnya begitu jernih dan seolah transparan. Bagian selatannya sudah terdapat sejumlah bungalow, sementara bagian utara pulau dibiarkan alami.

Editor: Rio Indrawan