Bogor "Dianugerahi" Kota Termacet Se-Indonesia
Credit by: Ilustrasi Kemacetan (Ist)

Jakarta, PINews.com - Bogor yang terkenal dengan julukan kota hujan hingga kota seribu angkot, kali ini dinobatkan sebagai kota paling macet di Indonesia oleh Kementrian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub).

Seperti yang dirilis Kemenhub, 10 kota paling macet di Indonesia dengan urutan pertama diduduki oleh Kota Bogor dengan laju kendaraan 15,3 kilometer per jam dan volume per kapasitas atau VC ratio 0,86.

Hal tersebut pun langsung di respons Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto yang mempertanyakan metodologi dan parameter yang digunakan Kemenhub dengan menobatkan Kota Bogor di urutan pertama kota paling macet di Indonesia.

"Jika disebut Kota Bogor macet saya setuju, dan kalau Kota Bogor terjadi peningkatan kemacetannya saya setuju juga, tapi kalau Kota Bogor rengking pertama termacet di Indonesia oleh Kementerian Perhubungan, saya masih pertanyakan metodologi apa yang digunakan," kata Bima saat dimintai keterangan,Kamis (22/10).

Jakarta yang dikenal kota macet pun berada di urutan kedua dengan laju kendaran 10-20 Km/jam dan Vc ratio 0,85. Lalu diikuti urutan kelima untuk Kota Depok dengan laju kendaraan 21,4 Km/jam dan VC ratio 0,83. Dilanjutkan urutan keenam yaitu Bekasi dengan laju kendaraan 21,86 Km/jam dan VC ratio 0,83.

Editor: RI