Tidak Ada Gunung Api Mati, Krakatau dan Tambora Bisa Meletus Sangat Dahsyat?
Credit by: Gunung Tambora (Ist)

Jakarta, PINews.com - Akhir-akhir ini kita sering dikejutkan dengan mulai aktifnya beberapa gunung api di Indonesia yang diperkirakan sudah tidak aktif lagi atau gunung api mati. Namun Direktur Jenderal Geologi dan Sumber Daya Mineral Prof. Dr. J.A. Katili memperingatkan untuk tidak gegabah menentukan watak sebuah gunung berapi; apakahgunung itu sudah mati atau masih hidup.

Dia juga mengatakan bahwa para pakar sepakat, tidak ada gunung api mati. Kebanyakan adalah gunung api yang istirahat dan tidur.

Menurut Katili, bisa saja tidurnya hanya puluhan tahun, beberapa ratus tahun, tapi tak sedikit yang ribuan tahun. Semakin lama gunung itu tidur, semakin berbahaya kalau meletus. Salah satu contoh adalah Gunung Krakatau di Selat Sunda dan Gunung Tambora di Sumbawa.

Krakatau yang meletus pada 1883 membuat hanya sebagian saja dari gunung itu tersisa. Guncangannya dirasakan di seluruh dunia. Debu menutupi kawasan sekitar 827.000 km persegi dan berlangsung hampir setahun. Gelombang air laut mengempaskan kapal - kapal dan rumah penduduk dalam radius 50 - 60 km dari pusat letusan. Terlebih lagi, letusan Krakatau di penghujung abad ke -19 itu juga menelan 36.417 jiwa meninggal. 

Enampuluh delapan tahun sebelumnya, Gunung Tambora meletus dan menewaskan sekitar 10.000 jiwa meninggal. Letusannya terdengar hingga Jakarta dan Maluku Utara.

Mengacu pada dua gunung tersebut, memang sulit menentukan mati hidupnya sebuah gunung. “Manusia hanya puluhan tahun hidup, sedangkan sejarah kehidupan gunung bisa ribuan tahun. Bisa jadi, gunung yang sudah dianggap ‘mati’ sebenarnya dalam skala waktu gunung masih hidup,” ujar Katili.

Untuk lebih mengenali, ciri gunung yang masih hidup antara lain ditandai dengan bentuk kerucutnya yang masih bagus. Sebagian dari gunung yang hidup ini kini sedang dalam keadaan tidur.

"Biasanya gunung yang sudah jutaan tahun tidak menampakkan kegiatannya. Secara fisik ini ditandai dengan adanya parit - parit akibat erosi air hujan. Bekas - bekas gunung api yang sudah mati ini dapat dijumpai di Plered, dekat Purwakarta," ujar Katili. 

Semakin lama tidur semakin dahsyat
Mengetahui kesukaan tidur gunung menjadi sangat penting. Kelud, misalnya, mempunyai kesukaan tidur 0 - 21 tahun, Una - una 90 tahun dan Galunggung 60 - 70 tahun. Kisaran waktu ini pun tidak bisa dijadikan patokan yang mutlak, tapi kalau masa - masa itu terlewati kewaspadaan setidaknya perlu ditingkatkan.

Lama waktu tidur ini juga berhubungan dengan daerah yang harus diwaspadai. Suatu pegangan umum, lebih lama  gunung api itu beristirahat akan lebih dahsyat letusannya. Gunung Galunggung dan Colo dengan masa istirahat 50 - 150 tahun dapat menghancurkan daerah dengan radius 10 km crtau lebih dari titik letusan.

Gunung Unzen di Jepang ( 200 th ), Mt. Ruis di Kolumbia ( 500 th ) dan Pinatubo di Filipino ( 600 th ) bencananya bisa meliputi wilayah sampai radius 20 km, atau lebih. Sedang Krakatau dan Tambora dengan masa tidur seribu tahun, letusannya mencapai radius 50 km.

Katili menyebut, tidur tidaknya gunung tergantung suplai magma dan ketebalan kerak Bumi. Begitu tekanan magma bisa menembus ketebalan kerak Bumi, gunung akan meletus. Di Indonesia sumber magma ada di palung dalam Samudera Hindia di kurang lebih 190 km, selatanPulau Jawa.

Sumber : Belantara Indonesia

Editor: Rio Indrawan