Ancelotti Yakin Seedorf Bakal Sukses Latih Milan

Madrid - Meski kaya pengalaman sebagai pemain sepakbola, tapi Clarence Seedorf masih nol terkait perkara melatih klub. Tapi eks pelatihnya di AC Milan, Carlo Ancelotti, yakin Seedorf bakal menuai sukses.

Setelah memecat Massimiliano Allegri, Milan segera menunjuk pelatih baru dan Seedorf adalah orangnya. Si pemain asal Belanda itu pun sudah memutuskan pensiun dari sepakbola setelah kali terakhir bermain untuk klub Brasil, Botafogo.

Seedorf diperkirakan akan segera menuju Milan untuk merampungkan kontrak yang dikabarkan berdurasi 2,5 tahun itu. Seedorf pun akan memulai petualangan barunya sebagai pelatih.

Sebagai pesepakbola, Seedorf sudah berkarier sejak 1992 yakni di Ajax Amsterdam dan sudah banyak malang melintang bersama klub-klub top Eropa seperti Real Madrid, Inter Milan, dan Milan.

Sederet gelar pun ia pernah menangi termasuk empat trofi Liga Champions bersama tiga klub berbeda. Namun, keputusannya menerima pinangan Milan sebagai pelatih dipertanyakan mengingat ia belum pernah sama sekali terjun dalam dunia kepelatihan.

Tapi Ancelotti sebagai pelatih yang menangani pria 37 tahun itu selama kurang lebih delapan musim tak pesimistis, malah sebaliknya yakin bahwa karier Seedorf sebagai pelatih Milan akan secermelang kariernya saat masih bermain.

"Aku mengenal baik Seedorf, dia adalah pemain yang selalu memperlihatkan kepribadian yang luar biasa," ujar Ancelotti di Football Italia.

"Aku yakin dia punya pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan apapun di dunia sepakbola," sambungnya.

"Kini dia akan menghadapi pengalaman baru di lingkungan yang sangat ia kenal dan itu penting."

"Minim pengalaman? Ini bukan pertama kalinya Milan memutuskan seperti ini. Sudah terjadi sebelumnya bersama Arrigo Sacchi dan Fabio Capello, dan keduanya berjalan dengan sangat baik," tutup Ancelotti.

Editor: Ade Rizki Saputra